Senin, 08 April 2013

Sebuah Mimpi (OSIS) part 1


Menjadi bagian di pengurus osis smp itu dulu cuma sebuah mimpi {}
awalnya karena waktu mos pas awal smp, yang mendampingi itu kakak-kakak osisnya, terus mereka kompak bgt. kerjasamanya, tanggung jawabnya, pokoknya keren B)

dalam hati cuma berbisik, andai saya nanti bisa jadi seperti mereka.. #yuhuu..saya hanya tersenyum simpul menyaksikan mereka memberikan arahan waktu selesai upacara. serasa seperti mengkhayal tadi barusan. batinku dalam hati.

usai mos selama 3 hari, mulai berinteraksi sama sekolah baru di smp. semuanya. mengikuti pramuka, pmr, club english, club biologi, tapi masih ada 1 yang tersimpan dalam hati. *pengen jd osis* whehe..

soalnya pengen banget belajar bekerja seperti kakak-kakak kelas yg juga pengurus osis.

Jaket biru ini bukan jaket almamater, ini jaket osis *hkwhkhwk*
waktu pertengahan semester, ada pemilihan pengurus baru. jadi  pengurus yang kelas 9 purna, diganti sama yang kelas 8 dan kelas 7. kalau tidak salah ingat, pas itu dipilih 16 pengurus dari kelas 8 dan 5 pengurus dari kelas 7. Di ketuai oleh mas Tejo :D
saat pak guru memanggil nama pengurus baru yang kelas 7, jantung saya serasa mau lepas, wkwk.. berharap saya terpilih, dan ternyata tidak sama sekali.
harus menelan kekecewaan memang, tapi yasudahlah.. ini bukan akhir dari segalanya {}

lalu sebulan kemudian, saat saya sedang bercengkrama dengan teman-teman saya dikelas usai upacara hari senin, 4 januari 2010. tiba-tiba ada seorang kakak kelas menghampiri dengan tergopoh-gopoh karena berlarian sepanjang koridor kelas 7.

Usai mengucapkan salam, mbak itu masuk dan menghampiri saya lalu berucap "Dek Nita, selamat ya. Kamu terpilih jadi pengurus osis." Kemudian mbaknya berlari keluar dan saya masih terdiam karena perasaan yang campur aduk bingung, kaget, seneng, campur jadi satu.

Ternyata saya menggantikan salah seorang pengurus yang keluar, dan saya resmi jadi pengurus osis periode tahun 2010.

Ini foto osis pas saya masih kelas VII, bersama guru vokal kami. :)
Bersama dia, sebut saja vio. yang menjadi wakil ketua 2 saat itu. bertanggung jawab memang, dan seru. :D

Disinilah semuanya berawal, tentang belajar untuk bisa organisasi, bisa bersosialisasi, tanggungjawab, tugas osis, profesionalitas, pembagian waktu belajar, pekerjaan osis, kekeluargaan dengan para pengurus yang lain, kerja sama, kebersamaan dan cinta !

iya, hal yang paling terakhir itu yang sangat membekas. sangat berkesan, haha
tak tau mengapa, mungkin karena lebih sering bareng-bareng saat kerja osis, jadilah hal itu terjadi. #eciee~

setahun kemudian, pemilihan ketua osis yang baru terlaksana juga. dan baru pertama kalinya ada pemilihan ketua osis yang dipilih melalui tes di smp saya.  jadi prosesi yang pertama adalah harus ada 1 perwakilan dari setiap kelas 8, kemudian kami dikumpulkan di sebuah ruangan. kami diberi pengarahan sama guru pembina yang akan ngetes, masih diberi kesempatan jika ada yang mau mengundurkan diri. dan pada saat itu semua calon ketua yang cewek langsung berdiri dan mengundurkan diri semua. dan tertinggal aku didalam ruangan bersama 5 orang calon cowok. ditambah aku dan 1 perwakilan dari lama osis, yakni adi prasetiyo.

Tinggal saya wanita yang ada diruang itu, ada sedikit rasa bimbang memang, apakah sebaiknya saya mengundurkan diri atau melanjutkan rangkaian tes tersebut. namun saat saya mengingat dukungan dari teman-teman saya, akhirnya saya tetap menlanjutkan nya, saya tidak ingin melihat wajah kecewa mereka saat saya harus kembali ke kelas karena alasan mengundurkan diri, tidak, saya tidak jadi melakukan hal itu. :)


oke, pengarahan dilanjutkan. jadwal keesokan harinya adalah tes wawancara visi dan misi, tes wawancara kepribadian, sama pengetahuan.

dari berangkat sekolah, sampai pas pelajaran olahraga pun saya masih membawa note buat nge hafal isinya visi misi saya, karena jujur, baru pertama itu saya mengikuti tes semacam ini. hehe..
teman-teman saya di 8B selalu membantu saya, mendukung saya, entah dengan apa saya bisa membalas jasa-jasa mereka.. :D {}

waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB, saya dipanggil oleh salah seorang pengurus osis senior untuk berkumpul dan mengikuti serangkaian tes hari itu.

satu per satu dari calon ketos masuk kedalam ruang, dan.. jeng jeng.. tibalah saatnya giliran saya yang dites...
pertama adalah tes wawancara tentang visi misi dan kepribadian yang dijadikan satu..
waktu itu salah satu soalnya seperti sebuah kasus permasalahan dan kita ditanyai tentang penyelesaian dari kasus itu. lalu ditanya pula tentang kegiatan-kegiatan saya. dan banyak lagi. *saya lupa* :D
kedua adalah tes wawancara bahasa inggris, alhamdulillah lancar ^_^
usai itu, diumumkan skor yang diperoleh dari ke-tujuh calon ketos.
keesokan harinya adalah tes kepemimpinan. disitu ada dua sesi, yang pertama sesi tes dengan bahasa sehari-hari, yang kedua dengan bahasa inggris. kami juga ditanyai tentang cara kepemimpinan dan disuruh memberikan contoh bagaimana memimpin sebuah rapat dan lain sebagainya.
di akhir acara kita disuruh memilih salah satu calon yang menurut kita pantas untuk dijadikan ketua osis. kita boleh memilih diri kita sendiri ataupun teman kita. dan saya waktu itu memilih dia... *ehm

semua sesi tes berakhir juga..
untuk tes akademis dan wawancara alhamdulillah saya bisa mengungguli ke enam calon ketos yang semuanya adalah laki-laki.
namun untuk tes kepemimpinan, adi yang tertinggi nilainya.. ;) hehe..

Sabtu, 8 Januari 2011
Hari ini adalah pemilihan ketua osis secara langsung oleh teman-teman. dan ini adalah kali pertama yang diadakan disekolah saya ^__^
sejak pagi, ramai sekali sekolah.. dan teman-teman pengurus osis juga sangat sibuk. mengedarkan kartu suara ke setiap kelas, kebetulan total kelas di smp saya waktu itu ada 25 kelas, 8 kelas untuk kelas 1, 9 kelas untuk kelas 2, dan 8 kelas untuk kelas 3.

usai pemilihan , semua calon ketua dipanggil di aula untuk menjadi saksi penghitungan.
dengan hati yang was-was, saya mulai deg-degan tidak karuan. entah itu kenapa.. hehee..
awalnya, poin saya dan adi seimbang. setelah semua dihitung, akhirnya adi lah yang menang. dia mendapat sekitar 500an suara. sedangkan saya hanya mendapat 200an suara.. *saya lupa*
intinya, adi yang menang, dan saya berada diposisi kedua :))

setelah semua selesai, kami latihan untuk upacara besok senin, pindah jabatan.
adi (sang ketua baru) nanti yang akan menerima bendera osis dari mas teja (ketua yang lama) dan saya sebagai wakil osis yang baru akan membacakan janji-janji pengurus saat upacara :)

Senin, 10 Januari 2011
Hari ini terasa wow. senang memang akhirnya bisa pergantian jabatan, sedihnya adalah kita tidak akan bekerja dengan osis senior lagi. tapi dengan osis junior kami yang baru dan tambahan osis dari angkatan kami.

saat pembaca protokol membacakan sesi "serah terima jabatan" rasanya jantung ini mau copot. deg-deg an sumpah. gak karuan banget rasanya pas itu. membayangkan semua kemungkinan yang akan terjadi selama sesi acara itu. dan semua tanggung jawab yang akan saya dan adi pikul buat memimpin teman-teman yang lain. wow.. ini pengalaman keren. batin saya pas itu. hehee :D
------------------

semua acara sudah selesai.. dan semua kejadian yang telah terjadi, semuanya diluar perkiraan saya, diluar mimpi saya, diluar angan-angan saya...
saya tidak pernah menyangka bisa menjadi wakil ketua osis, mendampingi dia menjalankan tugasnya.
menjadi salah satu pengurus osis pun dulu juga hanya angan-angan saya. ini semua diluar perkiraan saya. *serius*

osis smp itu sangattt ngaatt berarti banget buat saya. semuanyaaahhh :3

kekeluargaannya, kebersamaannya, semua pengalaman yang saya dapat, semuanya.. :''))

ini mau share beberapa foto tentang osis :D
ini pas jadi pendamping sepeda hias sekolah. :)

ini seneng-seneng sama temen-temen kelas B pas usai lomba class meeting di sekolah :D
ini waktu jadi pendamping karnaval HUT RI 

ini pas jadi panitia penyembelihan hewan kurban, pas idhul adha tahun 2011

ini pas main bareng ke jogja :3



ini dia... adi prasetiyo :D 




ini habis rapat mau ada tugas, di angkringan jus-jus'an jalan kartini :D

ini sama Fivi {}

ini pas malam tahun baru, makan-makan dirumahnya adi :D

nunggu kembang api tahun baru bareng temen-temen osis di alun2 ngawi :3


ini adi sama dino :))

ini pas rapat-rapat , yaa, narsis dulu wes :p
ini foto bareng pas udah mau purna :"( *hiks


Rheinita.

Malang, 8 April 2013


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar