Mengatasi Apache XAMPP yang tidak bisa Start

2:43:00 PM


     Sewaktu saya ingin mengerjakan tugas dari guru saya, tiba-tiba file php saya tidak dapat saya akses dibroser, dan terus saja not responding dan ketika saya telusuri ternyata letak permasalahannya berada pada XAMPP saya.

Pada xampp Control Panel saya terlihat bahwa Apache tidak dapat saya running, seperti gambar dibawah ini.




Karena awalnya saya tidak mengerti caranya, maka saya uninstal program ini. dan ketika saya instal kembali, ternyata tetap saja Apache tidak dapat di running.




Kemudian saya mencari berbagai tutorial, dan akhirnya saya coba langkah seperti dibawah ini :

1. Buka file httpd.conf di D:\xampp\apache\conf\, kemudian buka dengan notepad


2. Cari Listen 80 kemudian ubah menjadi Listen 8080

3. Kemudian cari lagi ServerName localhost:80 lalu ubah menjadi ServerName localhost:8080

4. Save file tersebut

5. Buka file httpd-ssl.conf di D:\xampp\apache\conf\extra\

6. Cari Listen 443 kemudian ubah jadi Listen 4499

7. Cari lagi virtualhost_default_:443 kemudian ubah menjadi virtualhost_default_:4499

8. Setelah itu cari ServerName localhost:443 lalu ubah jadi ServerName localhost:4499

9. Save, kemudian jalankan xampp seperti biasa, biasanya akan muncul peringatan Apache started [Port 80]

10. Untuk mengakses xampp via web browsernya, masuk dengan alamat ini http://localhost:8080/xampp


Selamat mencoba bagi yang XAMPP nya sempat error, semoga tutorial ini bisa membantu teman-teman sekalian. Terimakasih atas kunjungannya :))






You Might Also Like

0 Comment

Advertisement

Like us on Facebook

Flickr Images